Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis

By | July 17, 2022

Apa saja langkah meningkatkan kemampuan menulis? Coba cek poin-poin di bawah ini.

1. Menambah referensi bacaan.

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi informasi sedemikian cepatnya. Anda tidak akan mampu menguasai semuanya. Anda masih butuh orang lain sebagai sumber informasi pembanding. Misalnya, mengunjungi blog favorit dan situs portal berita.

Buku cetak, majalah, tabloid dan buletin juga masih relevan untuk menjadi bacaan alternatif mengatasi internet addicted. Asal jangan menjadi katak dalam dalam tempurung ya. Terus harus pintar-pintar juga dalam menyaring yang masuk ke otak. Jangan keburu di telan mentah-mentah.

2. Praktek menulis.

Ini adalah yang utama. Kalau mau punya tulisan bagus, maka cara paling tepat tentu saja aktif latihan menulis. Tidak peduli seberapa sibuk aktivitas Anda sehari-hari. Ada yang menekuni kerja kantoran, sekolah, kuliah, wirausaha, ibu rumah tangga, agen asuransi dan lain-lain profesi (yang tidak disebut jangan marah).

Coba luangkan waktu setengah jam setiap hari untuk menulis, pasti akan membawa manfaat yang lebih baik daripada kejar setoran nulis. Tidak masalah yang bisa ditulis hanyalah satu paragraf. Yang penting adalah tangkaplah ide itu selagi tampak di pikiran. Karena kalau sudah mati ide, akan lebih susah lagi menggali dari awal.

3. Menetapkan standard tulisan.

Anda harus punya standard sendiri mengenai kualitas tulisan blog Anda. Hal ini tergantung tujuan awal ngeblog. Kalau ngeblog digunakan sebagai media curhat, salah satu standard yang berlaku adalah tulisan mewakili segala keluh kesah, konflik dan dilema yang sedang dialami.

Beda lagi kalau untuk blog marketing. Marketing di era Informasi ini memang sedang bergerak menjangkau masyarakat dengan cepat dan real time. Maksudnya, memanfaatkan media internet yang dengan cepat memudahkan komunikasi antara pelanggan, produsen dan agen menjadi pilihan utama. Jadi, paling tidak tulisan Anda harus membina kedekatan dengan calon prospek.

4. Komitmen untuk menjaga standard tulisan.

Yang sering terjadi adalah tanpa sadar Anda tergoda untuk bermain-main dalam artikel blog yang sebenarnya bukan ‘Anda banget’. Buru-buru meningkatkan kualitas tulisan, Anda malah asyik menulis artikel gossip blog sebelah yang lagi pindahan hosting. Hahaha.

Tetap fokus pada standard tulisan yang dipilih membutuhkan ketekunan dan sedikit cuek. Ketekunan berarti menjalani secara rutin dan tanpa henti. Perlu sikap cuek atau acuh? Pasti. Tentu Anda tidak mau dikatakan mencontek model penulisan orang lain kan?

5. Menambah skill lain untuk menunjang penulisan artikel blog.

Dunia menulis, tidak terbatas pada blog saja, selalu berkembang dari waktu kewaktu. Baik dalam hal topik pembicaraan, media penulisan maupun gaya penyampaian.

Tentu nggak lucu kalau update Twitter Anda tertulis mau ambil kursus mengetik 12 jari. Laptop atau PDA telah mengambil alih peran mesin yang kalau dipakai terdengar cethak-cethok seperti orang sedang memalu tersebut. Dan saya sendiri nggak bisa menebak, setelah era laptop ini mau muncul apa lagi.