Bahasa Khek yang Tetap Lestari Halaman all Kompas com

By | August 4, 2022

Sebagai hasilnya, bahasa Mandarin Beijing tetap dijadikan standar, dan terbentuklah cara menulis baru yang dinamakan Zhuyin. Zhuyin mempermudah penulisan dan pembacaan Hanzi dengan memecah komponen Hanzi menjadi guratan-guratan individual. Kemudian di tahun 1950-an, didasarkan atas kebutuhan untuk melakukan alih tulisan dari Hanzi ke huruf Latin, dibuatlah sistem penulisan yang dinamakan Hanyu Pinyin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa nasional dan bahasa utama di Republik Rakyat Tiongkok, Republik Tiongkok , serta satu dari bahasa nasional di DOK Hong Kong, DOK Makau, serta Singapura.

Bahasa yang berasal dari Jiangsi, memiliki kedekatan historis dengan bahasa Khek. Bahasa yang juga berasal dari Fujian dan Guangdong, memiliki kedekatan dengan Hokkien. Bahasa yang sangat dekat dengan bahasa Mandarin, digunakan di Shanxi dan sekitarnya.

Tidak hanya soal penghasilan, Raffi Ahmad juga sempat mengulik kehidupan pribadi Bonge dan keluarganya. Benar saja, si anak terlihat sangat senang saat menerima makanan yang dibungkus paper bag tersebut dari ibunya. Pikap Mitsubishi L300 menghantam mobil di Jalan Tol Surabaya-Malang KM 71. Seorang korban dilaporkan meninggal, dan dua lainnya terluka.

Tujuannya untuk menipu para korban yang berinvestasi lewat opsi biner aplikasi Quotex. Ia juga berharap masyarakat dan pihak-pihak lain agar tidak beramsumsi dengan kasus yang terjadi di rumahnya. Ustadz Hanan Attaki menceritakan kisah seorang pria yang berdoa agar bisa bertemu dengan orang yang membutuhkan untuk diberi sedekah. Kondisi kapal yang sudah tak layak, kru yang mulai sakit-sakitan, hingga tidak jelasnya gaji membuat pihak keluarga di Indonesia menjerit memohon pertolongan.

Oh gitu dari jumlah lembaga regulator di Indonesia yang cuma 1 ya. Aku suka iri sama bahasa luar kyak bahasa Inggris yg unggul dlm struktur bahasa sma byk kata2 n istilah2nya jd bisa ngejelasin banyak hal lbih baik drpd bahasa Indonesia. Aku kadang justru lebih bisa paham sma buku n website yg pke bahasa Inggris drpd bahasa Indonesia. Soalnya bahasa Indonesia seringnya malah jd ribet n kaku ketika dpake buat ngejelasin ilmu-ilmu adaptasi luar misalnya d bidang sains, teknologi, atau matematika . Banyak istilah2 asing dr luar negeri yg belum keserap atau diindonesiakan jdnya harus dipke mentah2 istilah2 asing itu. Misalnya “Koko Ameng“, “Cece Aling “, atau “pek Siu“, “kou Lan” dan lain-lain.

Klien saya berbicara bak orang planet dengan bos saya, ketika saya lihat raut wajah bosnya yang dari luar kota, tampak seperti kebingungan mendengar mereka berbicara. Mungkin dia mengerti bahasa Khek tetapi tak selancar yang lain, karena sudah membaur dengan masyarakat pribumi dan sedikit lupa akan bahasa Khek. Dari awal hingga akhir pembicaraan mereka semakin ngawur dan pak bos makin kebingungan saja.

Setelah saya usut, Dari rumor yang beredar ternyata walikota Singkawang terlalu RASIS. Mengenai hal tersebut saya pribadi tidak terlalu percaya akan hal tersebut, masa sih hanya gara-gara bahasa khek sebuah tugu yang bernuansa kebudayaan bisa menjadi masalah antar warga. Khan bagus jika punya tugu naga yang indah di jalan Singkawang yang cocok dengan julukan kota Amoy.

“Hal ini dinilai akan baik bagi masa depan anak-anaknya di pergaulan internasional, di mana China juga mengalami perkembangan ekonomi terpesat di dunia saat ini,” katanya. Bahkan untuk keluarga campuran, seperti keluarga dari pasangan warga Tionghoa dan Dayak, bahasa Khek tetap kental diajarkan. Tergantung daerah memang, tapi based on pengalaman gw tinggal di sana, biasanya hit-or-miss sih.

Sekitar 62 persen warga Singkawang menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian mereka. Daniel bercerita, saat itu, ia mempelajari bahasa Khek dari karakter Aliong, teman dari Ahok. Meskipun para pemain memiliki coach khusus bahasa sendiri, nampaknya Daniel memiliki cara unik yang tidak disengaja untuk memperdalam bahasa Kheknya ini. Yups,, karena mereka termasuk ke dalam garis keturunan orang Hakka.

Dengan banyaknya penolakan yang diterima oleh suku Hakkan maka hal tersebut membentuk sifat mereka semakin ulet, berani, dan gigih dalam bekerja keras. Bahasa Tiochiu ini dapat disebut sebagai dialek Hokkian yang terpengaruh dengan bahasa Kanton. Hal ini disebabkan oleh letak geografis dari suku Tiochiu yang ada di sebelah utara Provinsi Guangdong dan dekat dengan perbatasan Provinsi Fujian.