5 Keterampilan Dasar Penulis Profesional

By | July 17, 2022

Keterampilan dasar atau karakteristik yang mutlak dimiliki bagi penulis teknis profesional adalah:

1. Mengikuti perkembangan teknologi.

Anda harus paham secara teknis pengoperasian, walaupun ada beberapa sarana pendukung yang ribet dalam pemakaian. Anda mungkin gaptek terhadap salah satu ilmu, namun Anda dapat mempelajari teknologi jika tidak mengerti. Ada banyak sumber informasi yang bisa Anda manfaatkan di internet. Tinggal pilih salah satu yang sesuai minat Anda.

Hal ini akan mudah terjadi jika Anda memiliki cukup motivasi. Saya pribadi senang belajar tentang sistem yang rumit dan membuat kepala puyeng. Pengalaman ini membawa rasa seolah berprestasi dan tentu saja pengetahuan yang bermanfaat pada kemudian hari.

2. Kemampuan untuk menulis dengan jelas.

Keterampilan penting dari setiap komunikator dengan media tulisan adalah tidak menimbulkan ambiguitas. Sebisa mungkin tulisan Anda tidak boleh menimbulkan kerancuan dalam pemahaman. Sekali pembaca tidak paham satu kalimat, akan sulit bagi mereka untuk memahami kalimat-kalimat selanjutnya.

Pekerjaan inti Anda terdiri dari mengambil hal-hal yang rumit dan mencoba untuk menjelaskan kepada mereka dengan mudah untuk memahami cara-cara tertentu. Anda tidak bisa hanya melangsungkan penjelasan Anda hanya setengah-setengah mengerti. Menulis tentang sesuatu mengharuskan Anda untuk mengerti secara menyeluruh.

Hindari kalimat pasif dan konstruksi panjang. Pergi dari ide lama ke yang baru. Mendefinisikan singkatan dan menghindari asumsi tentang apa yang user tahu. Buatlah pembaca merasa pintar dan tidak terkungkung dalam kediktatoran Anda.

3. Bakat dalam menampilkan ide-ide grafis.

Saya meremehkan pentingnya menggunakan audio visual sampai beberapa bulan yang lalu. Setiap kali Anda dapat menunjukkan ide grafis, Anda bisa ukur skor nol sampai seratus poin dengan pembaca. Semakin mudah pembaca terbantu gambar-gambar yang Anda sertakan, semakin mudah mereka akan memahami keseluruhan arti topik.

Hampir setiap orang adalah seorang yang visual. Mereka adalah orang-orang memahami lebih baik ketika Anda bisa mengkomunikasikan ide-ide Anda secara visual. Berdasarkan pemikiran ini, tidaklah mengherankan jika ada orang yang dengan mudah membuat diagram dalam artikel mereka.

4. Kesabaran dalam hal problem-solving/troubleshooting.

Jika Anda tidak memiliki kesabaran, sulit bagi Anda untuk berhasil. Saya kira 80 persen dari kerja IT terdiri dari pemecahan masalah. Apa yang Anda lakukan ketika Anda tidak bisa mengetahui bagaimana melakukan sesuatu? Apakah Anda membanting tangan Anda ke keyboard Anda? Apakah Anda menjerit dan memaki ketika Anda tidak bisa langsung mencari sesuatu?

Sungguh menakjubkan bagaimana Anda dapat mengatasi masalah yang tampaknya mustahil dapat dilalui dengan kesabaran dan ketekunan. Kesabaran adalah harga yang mahal untuk sebuah proses panjang penggalian ide sampai terbentuk sebuah artikel lengkap yang mampu memberi informasi bagi pembaca.

5. Kemampuan untuk berinteraksi dengan pelaku bisnis.

Berinteraksi dengan pelaku bisnis adalah salah satu keterampilan yang paling diabaikan dalam penulisan teknis. Anda harus menjadi bagian reporter investigasi untuk portofolio karya Anda. Percakapan yang intensif adalah media komunikasi yang tepat antara dua pihak yang dapat bersimbiosis mutualisme.

Anda tidak perlu malu mendatangi orang-orang tertentu untuk mengumpulkan informasi. Dan Anda tidak bisa terlalu bangga untuk menanyakan “pertanyaan teknis bodoh” yang membuat insinyur melakukan kesalahan sendiri. Banyak interaksi ini bisa terjadi jika Anda cukup beruntung hanya dengan melakukan pendekatan secara personal kepada mereka.